Dana Pensiun

Jangan mengandalkan Dana Pensiun yang tersedia dari kantor. Jumlah Dana Pensiun dari kantor ini tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat Anda menyusun Dana Pensiun, Anda harus memperhitungkan gaya hidup yang Anda inginkan dan inflasi yang harus Anda hadapi.

QM Planner menggunakan beberapa asumsi dalam perhitungan Dana Pensiun. Untuk kalkulator Dana Pensiun ini, asumsi yang digunakan:



Mari berhitung

Isi formulir di bawah ini untuk menentukan besarnya Dana Pensiun yang Anda butuhkan. Klik tombol di bagian bawah untuk mendapatkan hasilnya.

Usia Anda saat ini
Berapakah usia Anda sekarang? (dalam tahun)
Usia Anda ingin pensiun
Berapakah usia yang Anda inginkan untuk berhenti bekerja demi sesuap nasi? Mungkin Anda masih akan bekerja tetapi Anda tidak lagi mengandalkan pekerjaan itu untuk dapat bertahan hidup. Biasanya usia pensiun ini antara 55 – 65 tahun.
Life expectancy
Life expectancy dapat dihitung dengan mempertimbangkan usia meninggal kakek/nenek/ayah/ibu kita. Gunakan asumsi usia maksimal Anda masih beraktifitas sebelum kemudian menjadi tanggungan keluarga – atau rata-rata usia meninggal orang dewasa dalam keluarga Anda.
Expense Ratio
%
Expense ratio mengindikasikan seberapa besar Anda menginginkan perubahan dari cara Anda hidup saat ini. Biasanya asumsi ini adalah antara 80% hingga 120%. Di kalkulator ini kami asumsikan sebesar 100%. Silakan ubah sesuai keinginan Anda.
Berapa pengeluaran rutin Anda setiap bulannya
Berapakah total Pengeluaran Bulanan Anda setiap bulan? Jangan gunakan titik sebagai pemisah.
Masukkan nama Anda
Masukkan nama Anda.
Masukkan email Anda
Masukkan email Anda untuk melihat hasilnya.